Penerapan Teori Belajar Sosial Kultural Vygotsky dalam Pendidikan Agama Kristen terhadap Perkembangan Kognitif Alkitab Anak

Authors

  • Arozatulo Telaumbanua Sekolah Tinggi Teologi Anugerah Misi Nias Barat, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.46495/sdjt.v14i1.274

Keywords:

Vygotsky, Sosio-kultural, Agama Kristen, Kognitif Anak, Alkitab

Abstract

Paper ini menyoroti perkembangan kognitif anak terhadap Alkitab. Hal ini menjadi perhatian peneliti karena melihat perkembangan kognitif anak dilingkungan masyarakat Kristen, mayoritas tidak memiliki pengetahuan Alkitab (tidak ada ayat Alkitab yang dihafal dan tidak dapat berdoa dengan baik). Pandangan Vygotsky terhadap perkembangan kognitif anak dipengaruhi oleh sosial kulturalnya yang dapat diuraikan seperti, keluarga, sekolah, gereja dan masyarakat. Paper ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana teori sosial kultural Vygotsky ini, dapat diterapkan melalui pendidikan agama Kristen dalam mengembangkan kognitif Alkitab anak. Paper ini menggunakan metode penelitian studi pustaka dengan menggunakan sumber-sumber berupa buku-buku, jurnal dan sumber lain yang relevan. Selain itu, dalam melakukan penyajian data, maka langkah analisis yang dilakukan peneliti yakni reduksi data, data display, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil analisis dan penyajian data mengungkapkan bahwa penerapan teori sosial kultural Vygotsky dapat mengembangkan kognitif Alkitab anak melalui prinsip zona perkembangan proksimal, pemberian dukungan, bahasa dan pemikiran, pembelajaran kolaborasi dan pemberian contoh.

References

Adinda, A, S Mulia, I Irfan, and ... “Penerapan Strategi Pembelajaran Scaffolding Dalam Membentuk Kemandirian Peserta Didik.” Jurnal Bima: Pusat Publikasi Ilmu Pendidikan Bahasa Dan Sastra 2, no. 2 (2024): 34–41. https://doi.org/10.61132/bima.v2i2.763.

Aji Jauhari Ma, Ahmad, and Nungki Sri Handayani. “Konsep Zone Of Proximal Development (ZPD) Dalam Permainan Anak Anak.” Jurnal Tumbuh Kembang Anak Usia Dini 2, no. 1 (2024): 2024–25.

Angga Saputra, Angga Saputra, and Lalu Suryandi Lalu Suryandi. “Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini Dalam Perspektif Vygotsky Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran.” PELANGI: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Islam Anak Usia Dini 2, no. 2 (2021): 198–206. https://doi.org/10.52266/pelangi.v2i2.582.

Baskoro, Paulus Kunto, and Indra Anggiriati. “Implementasi Pemuridan Dalam Efesus 4:11-16 Bagi Pertumbuhan Rohani Jemaat Di Masa Kini.” Sabda: Jurnal Teologi Kristen 2, no. 1 (2021): 242–65. https://doi.org/10.55097/sabda.v2i1.22.

Chelsia, Anizah, and Robi Panggarra. “Iman Perempuan Kanaan Berdasarkan Kitab Matius 15:21-28.” Jurnal Ilmu Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen 1, no. 2 (2020): 123. https://doi.org/10.25278/jitpk.v1i2.511.

Duha, Asni Darmayanti. “Wawancara.” Nias Barat, 2024.

Ester, Ester, and Daniel Setiawan Giamulia. “Metode Bermain Salah Satu Metode Pembelajaran Untuk Anak.” Veritas Lux Mea (Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen) 3, no. 1 (2021): 35–45. https://doi.org/10.59177/veritas.v3i1.103.

Fahri, Lalu Moh., and Lalu A. Hery Qusyairi. “Interaksi Sosial Dalam Proses Pembelajaran.” Palapa 7, no. 1 (2019): 149–66. https://doi.org/10.36088/palapa.v7i1.194.

Fauziyah, Syifa, Ani Hendriani, and Kurniasih. “Peningkatan Keterampilan Kerjasama Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Teams Games.” JPGSD: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 4, no. 2 (2019): 196–210. http://ejournal.upi.edu/index.php/jpgsd/index.

Herpratiwi. “Buku Teori Belajar Dan Pembelajaran.” Media Akademi. Yogyakarta: Media Akademi, 2016.

Lebar, Lois E. Education That Is Christian. Malang: Gandum Mas, 2016.

Maemonah, Fitri Fitriani dan. “Perkembangan Teori Vygotsky Dan Implikasi Dalam Pembelajaran Matematika Di MIS Rajadesa Ciamis.” Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 11, no. 1 (2022): 35. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v11i1.8398.

Mallappa, Fery, and Kurniawati Martha. “Penerapan Strategi Problem Based Learning Dengan Wawasan Kristen Alkitabiah Untuk Memotivasi Keaktifan Siswa.” Sanctum Domine: Jurnal Teologi 13, no. 1 (2023): 135–54. https://doi.org/10.46495/sdjt.v13i1.213.

Nasution, Fauziah, Miftahul Nizah Dalimunthe, and Afifah Umli. “Teori Vygotsky Dan Interdepedensi Sosial Sebagai Landasan Teori Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Kooperatif Di Sekolah Dasar” 3, no. 2 (2022): 171–79.

Nazihah, Dia Ayu, and Sapti Wahyuningsih. “Implementasi Teori Vygotsky Dalam Project Based Learning Pada Mata Kuliah Kajian & Pengembangan Bahan Ajar.” Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pembelajarannya, 2022, 133–34.

Nurmala, Suni, and Susana. “Strategi Mengajarkan Alkitab Bagi Anak Sekolah Minggu Usia 4-12 Tahun Di GSKI Eleos Jakarta Timur.” Jurnal Pendidikan Tambusai 8 No. 1 (2024): 6436–45.

Pazmino, Roberth W. Fondasi Pendidikan Kristen. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2018.

Putra, San, Paulus Robert Tuerah, Romi Mesra, Tatan Sukwika, and Freddi Sarman. Metode Penelitian Kualitatif (Teori Dan Panduan Praktis Analisis Data Kualitatif), 2023.

Rannu, Risky, and Ririn Novita Sari. “Dinamika Tantangan Iman Generasi Muda Masa Kini Dan Strategi Pastoral Untuk Mendorong Pertumbuhan Kerohanian.” Skenoo : Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen 3, no. 2 (2023): 121–36. https://doi.org/10.55649/skenoo.v3i2.62.

Sayfullooh, Istiqomah As. “Relevansi Teori Konstruktivistik Vygotsky Dengan Kurikulum Merdeka: Studi Kepustakaan.” Tinta 5, no. 2 (2023): 73–82.

Sign, Home Read. “Social Constructivism : Vygotsky ’ s Theory,” 1934.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2015.

Suwartiningsih, Sri, and David Samiyono. “Harmoni Sosial: Kearifan Lokal Masyarakat Nias.” Jurnal Societas Dei 1, no. 1 (2014): 235–69.

Tafonao, Talizaro. “Peran Pendidikan Agama Kristen Dalam Keluarga Terhadap Perilaku Anak.” Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran 3, no. 2 (2018): 125.

Telaumbanua, Arozatulo. “Analysis of Behavioristic Learning Theory Based on John4:1-42 and Its Application in Christianreligious Education.” Jurnal Pendidikan Agama Kristen (JUPAK) 3, no. 2 (2023): 35–50.

———. “Implementasi Konsep Pengajaran Tuhan Yesus Kristus Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen.” Jurnal Teologi Rahmat 6, no. 1 (2020): 27–39. http://sttrem.co.id/e-journal/index.php/jtr.

Tubagus, Steven. “Kajian Teologis Tentang Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Alkitab” 3, no. 1 (2023): 39–50.

———. Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Yang Efektif Dalam Pembentukan Karakter Siswa. Sumatera Barat: Insan Cendekia Mandiri, 2021.

Vygotsky, Lev Semenovich. Mind In Society: The Development of Higher Psychology Processes. London: Harvard University Press, 1978.

Waruwu, Junieli. “Wawancara Tokoh Agama.” Nias Barat, 2024.

Zen, Eugene, and Yanto Paulus Hermanto. “Membangun Iman Anak Melalui Keteladanan Orang Tua Ditinjau Dari Persfektif Alkitab Dan Perkembangan Anak.” Davar : Jurnal Teologi 2, no. 1 (2021): 30–42. https://doi.org/10.55807/davar.v2i1.21.

Published

2024-12-16

How to Cite

Telaumbanua, A. (2024). Penerapan Teori Belajar Sosial Kultural Vygotsky dalam Pendidikan Agama Kristen terhadap Perkembangan Kognitif Alkitab Anak. SANCTUM DOMINE: JURNAL TEOLOGI, 14(1), 197–210. https://doi.org/10.46495/sdjt.v14i1.274

Issue

Section

Articles

Citation Check