Penerapan Teori Belajar Sosial Kultural Vygotsky dalam Pendidikan Agama Kristen terhadap Perkembangan Kognitif Alkitab Anak
DOI:
https://doi.org/10.46495/sdjt.v14i1.274Keywords:
Vygotsky, Sosio-kultural, Agama Kristen, Kognitif Anak, AlkitabAbstract
Paper ini menyoroti perkembangan kognitif anak terhadap Alkitab. Hal ini menjadi perhatian peneliti karena melihat perkembangan kognitif anak dilingkungan masyarakat Kristen, mayoritas tidak memiliki pengetahuan Alkitab (tidak ada ayat Alkitab yang dihafal dan tidak dapat berdoa dengan baik). Pandangan Vygotsky terhadap perkembangan kognitif anak dipengaruhi oleh sosial kulturalnya yang dapat diuraikan seperti, keluarga, sekolah, gereja dan masyarakat. Paper ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana teori sosial kultural Vygotsky ini, dapat diterapkan melalui pendidikan agama Kristen dalam mengembangkan kognitif Alkitab anak. Paper ini menggunakan metode penelitian studi pustaka dengan menggunakan sumber-sumber berupa buku-buku, jurnal dan sumber lain yang relevan. Selain itu, dalam melakukan penyajian data, maka langkah analisis yang dilakukan peneliti yakni reduksi data, data display, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil analisis dan penyajian data mengungkapkan bahwa penerapan teori sosial kultural Vygotsky dapat mengembangkan kognitif Alkitab anak melalui prinsip zona perkembangan proksimal, pemberian dukungan, bahasa dan pemikiran, pembelajaran kolaborasi dan pemberian contoh.
References
Adinda, A, S Mulia, I Irfan, and ... “Penerapan Strategi Pembelajaran Scaffolding Dalam Membentuk Kemandirian Peserta Didik.” Jurnal Bima: Pusat Publikasi Ilmu Pendidikan Bahasa Dan Sastra 2, no. 2 (2024): 34–41. https://doi.org/10.61132/bima.v2i2.763.
Aji Jauhari Ma, Ahmad, and Nungki Sri Handayani. “Konsep Zone Of Proximal Development (ZPD) Dalam Permainan Anak Anak.” Jurnal Tumbuh Kembang Anak Usia Dini 2, no. 1 (2024): 2024–25.
Angga Saputra, Angga Saputra, and Lalu Suryandi Lalu Suryandi. “Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini Dalam Perspektif Vygotsky Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran.” PELANGI: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Islam Anak Usia Dini 2, no. 2 (2021): 198–206. https://doi.org/10.52266/pelangi.v2i2.582.
Baskoro, Paulus Kunto, and Indra Anggiriati. “Implementasi Pemuridan Dalam Efesus 4:11-16 Bagi Pertumbuhan Rohani Jemaat Di Masa Kini.” Sabda: Jurnal Teologi Kristen 2, no. 1 (2021): 242–65. https://doi.org/10.55097/sabda.v2i1.22.
Chelsia, Anizah, and Robi Panggarra. “Iman Perempuan Kanaan Berdasarkan Kitab Matius 15:21-28.” Jurnal Ilmu Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen 1, no. 2 (2020): 123. https://doi.org/10.25278/jitpk.v1i2.511.
Duha, Asni Darmayanti. “Wawancara.” Nias Barat, 2024.
Ester, Ester, and Daniel Setiawan Giamulia. “Metode Bermain Salah Satu Metode Pembelajaran Untuk Anak.” Veritas Lux Mea (Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen) 3, no. 1 (2021): 35–45. https://doi.org/10.59177/veritas.v3i1.103.
Fahri, Lalu Moh., and Lalu A. Hery Qusyairi. “Interaksi Sosial Dalam Proses Pembelajaran.” Palapa 7, no. 1 (2019): 149–66. https://doi.org/10.36088/palapa.v7i1.194.
Fauziyah, Syifa, Ani Hendriani, and Kurniasih. “Peningkatan Keterampilan Kerjasama Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Teams Games.” JPGSD: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 4, no. 2 (2019): 196–210. http://ejournal.upi.edu/index.php/jpgsd/index.
Herpratiwi. “Buku Teori Belajar Dan Pembelajaran.” Media Akademi. Yogyakarta: Media Akademi, 2016.
Lebar, Lois E. Education That Is Christian. Malang: Gandum Mas, 2016.
Maemonah, Fitri Fitriani dan. “Perkembangan Teori Vygotsky Dan Implikasi Dalam Pembelajaran Matematika Di MIS Rajadesa Ciamis.” Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 11, no. 1 (2022): 35. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v11i1.8398.
Mallappa, Fery, and Kurniawati Martha. “Penerapan Strategi Problem Based Learning Dengan Wawasan Kristen Alkitabiah Untuk Memotivasi Keaktifan Siswa.” Sanctum Domine: Jurnal Teologi 13, no. 1 (2023): 135–54. https://doi.org/10.46495/sdjt.v13i1.213.
Nasution, Fauziah, Miftahul Nizah Dalimunthe, and Afifah Umli. “Teori Vygotsky Dan Interdepedensi Sosial Sebagai Landasan Teori Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Kooperatif Di Sekolah Dasar” 3, no. 2 (2022): 171–79.
Nazihah, Dia Ayu, and Sapti Wahyuningsih. “Implementasi Teori Vygotsky Dalam Project Based Learning Pada Mata Kuliah Kajian & Pengembangan Bahan Ajar.” Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pembelajarannya, 2022, 133–34.
Nurmala, Suni, and Susana. “Strategi Mengajarkan Alkitab Bagi Anak Sekolah Minggu Usia 4-12 Tahun Di GSKI Eleos Jakarta Timur.” Jurnal Pendidikan Tambusai 8 No. 1 (2024): 6436–45.
Pazmino, Roberth W. Fondasi Pendidikan Kristen. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2018.
Putra, San, Paulus Robert Tuerah, Romi Mesra, Tatan Sukwika, and Freddi Sarman. Metode Penelitian Kualitatif (Teori Dan Panduan Praktis Analisis Data Kualitatif), 2023.
Rannu, Risky, and Ririn Novita Sari. “Dinamika Tantangan Iman Generasi Muda Masa Kini Dan Strategi Pastoral Untuk Mendorong Pertumbuhan Kerohanian.” Skenoo : Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen 3, no. 2 (2023): 121–36. https://doi.org/10.55649/skenoo.v3i2.62.
Sayfullooh, Istiqomah As. “Relevansi Teori Konstruktivistik Vygotsky Dengan Kurikulum Merdeka: Studi Kepustakaan.” Tinta 5, no. 2 (2023): 73–82.
Sign, Home Read. “Social Constructivism : Vygotsky ’ s Theory,” 1934.
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2015.
Suwartiningsih, Sri, and David Samiyono. “Harmoni Sosial: Kearifan Lokal Masyarakat Nias.” Jurnal Societas Dei 1, no. 1 (2014): 235–69.
Tafonao, Talizaro. “Peran Pendidikan Agama Kristen Dalam Keluarga Terhadap Perilaku Anak.” Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran 3, no. 2 (2018): 125.
Telaumbanua, Arozatulo. “Analysis of Behavioristic Learning Theory Based on John4:1-42 and Its Application in Christianreligious Education.” Jurnal Pendidikan Agama Kristen (JUPAK) 3, no. 2 (2023): 35–50.
———. “Implementasi Konsep Pengajaran Tuhan Yesus Kristus Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen.” Jurnal Teologi Rahmat 6, no. 1 (2020): 27–39. http://sttrem.co.id/e-journal/index.php/jtr.
Tubagus, Steven. “Kajian Teologis Tentang Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Alkitab” 3, no. 1 (2023): 39–50.
———. Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Yang Efektif Dalam Pembentukan Karakter Siswa. Sumatera Barat: Insan Cendekia Mandiri, 2021.
Vygotsky, Lev Semenovich. Mind In Society: The Development of Higher Psychology Processes. London: Harvard University Press, 1978.
Waruwu, Junieli. “Wawancara Tokoh Agama.” Nias Barat, 2024.
Zen, Eugene, and Yanto Paulus Hermanto. “Membangun Iman Anak Melalui Keteladanan Orang Tua Ditinjau Dari Persfektif Alkitab Dan Perkembangan Anak.” Davar : Jurnal Teologi 2, no. 1 (2021): 30–42. https://doi.org/10.55807/davar.v2i1.21.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 SANCTUM DOMINE: JURNAL TEOLOGI

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright:
SANCTUM DOMINE: Jurnal Teologi will validate, produce, disseminate, and act as steward in the long-term curation of every article published. In order to achieve this, the author typically requires a transfer or “assignment” of the copyright in the article. As is the case for open access publishing, the author (or copyright owner of the article, if different) signs an author publishing agreement. The agreement incorporates the necessary transfer of copyright.
After assigning copyright, the author will still retain the right to:
- Be credited as the author of the article.
- Own and exercise any trademark or patent rights held by author and addressed in the article.
- Make printed copies of the article to use for a lecture or class that the author leading on a non-commercial basis.
- Share the article with friends, colleagues and influential people the author would like to read the work.
- Present the article at a meeting or conference and distribute printed copies of the article on a non-commercial basis.
License:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
You are free to:
- Share — copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt — remix, transform, and build upon the material
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.
Under the following terms:
- Attribution — You must give appropriate credit , provide a link to the license, and indicate if changes were made . You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
- NonCommercial — You may not use the material for commercial purposes .
- ShareAlike — If you remix, transform, or build upon the material, you must distribute your contributions under the same license as the original.
- No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.
Notices:
You do not have to comply with the license for elements of the material in the public domain or where your use is permitted by an applicable exception or limitation .
No warranties are given. The license may not give you all of the permissions necessary for your intended use. For example, other rights such as publicity, privacy, or moral rights may limit how you use the material.