Pengembangan Kepemimpinan bagi Generasi Z dengan Pola Coaching berdasarkan Matius 17:5

Authors

  • Felicia Irawaty Sekolah Tinggi Teologi Tawangmangu, Indonesia
  • Arif Wicaksono Sekolah Tinggi Teologi Tawangmangu, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.46495/sdjt.v14i1.276

Keywords:

Generasi Z, Coaching, Matius 17:5, Kasih, Kepercayaan, Delegasi

Abstract

Generasi Z merupakan kelompok demografis yang memiliki karakteristik unik dan kebutuhan khusus dalam pengembangan diri dan karier. Pendekatan coaching yang efektif untuk generasi ini perlu mempertimbangkan aspek spiritual dan nilai-nilai yang relevan. Tujuan dari studi ini adalah untuk merumuskan pendekatan coaching kepemimpinan yang sesuai bagi Generasi Z dengan menggali prinsip-prinsip kasih, kepercayaan, dan keberanian sebagaimana tercermin dalam Matius 17:5. Metode penelitian yang digunakan adalah studi pustaka dan analisis teologis terhadap ayat tersebut. Hasil pembahasan menunjukkan bahwa memastikan kasih yang cukup, membangun kepercayaan dan hubungan mendalam, serta keberanian untuk mendelegasikan dan mempromosikan merupakan strategi efektif dalam coaching Generasi Z. Implikasi praktis dari studi ini dapat diterapkan dalam berbagai konteks, termasuk pendidikan, bisnis, dan pelayanan gereja.

References

Aulia, Muhammad Reza, Hasanuddin Husin, Anisah Nasution, Putri Natasya Hanna Sofie, and Eza Mauliza. Kewirausahaan 5.0: Ditinjau Dari Kepemimpinan Dan Adversitas Kewirausahaan. PT. Sonpedia Publishing Indonesia, 2024.

Ball, Christopher, Jessica Francis, Kuo-Ting Huang, Travis Kadylak, Shelia R Cotten, and R V Rikard. “The Physical–Digital Divide: Exploring the Social Gap between Digital Natives and Physical Natives.” Journal of Applied Gerontology 38, no. 8 (2019): 1167–1184.

Cahyadi, Andi. “Gambaran Fenomena Fear of Missing Out (FoMO) Pada Generasi Z Di Kalangan Mahasiswa.” Widya Warta 2 (2021).

Clarke, Adam. Commentary on the New Testament. Ravenio Books, 2013.

Dewi, Gst Ag Indah Manik Cantika, I Gde Dhika Widarnandana, and I Rai Hardika. “Dinamika Adaptasi Karier Bagi Usia Di Generasi Z Dengan Kondisi Fatherless Di Kota Denpasar.” Jurnal Kesehatan, Sains, Dan Teknologi (Jakasakti) 3, no. 2 (2024): 212–225.

Fauzi, Achmad. “Pengaruh Coaching Dan Mentoring Terhadap Kinerja Pegawai.” Jurnal Akuntansi Dan Manajemen Bisnis 3, no. 1 (2023): 121–126.

Ferdaus, Nadia Nuril. “JPM Vol. 3 No. 1 Mar Coaching Dan Pembinaan Minat Wirausaha Pada Mahasiswa Gen-Z: Coaching Dan Pembinaan Minat Wirausaha Pada Mahasiswa Gen-Z.” Jurnal Pengabdian Makarya 3, no. 1 (2024): 18–21.

Fikri, Rian, M Halwin Mujahidin, Nuril Anwar Sutisna, Kamilatun Najat, and April Laksana. “Dinamika Komunikasi Korporasi Dalam Meningkatkan Keterlibatan Karyawan Generasi Z.” Etic (Education And Social Science Journal) 1, no. 2 (2024): 107–118.

Halim, Timothy Nathaniel, Nicodemus Widiutomo, Jessica Martha, Tumpahan Manik, Rocky Nagoya, and Manlian Ronald A Simanjuntak. “Strategi Multiplikasi Kepemimpinan Transformasional Untuk Menjangkau Generasi Z Pada Era Disrupsi Digital Pasca Covid-19 Di Indonesia.” COMSERVA: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat 4, no. 1 (2024): 173–185.

Kent, Mario, and Noviaty Kresna Darmasetiawan. “Kepemimpinan Transformasional Generasi Milenial Dalam Menghadapi Kesenjangan Lintas Generasi Di Perusahaan Blue Ekonomi Jawa Timur.” JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi). 10, no. 3 (2023): 2431–2444.

Kodrat, David Sukardi. Manajemen Sumber Daya Manusia Di Era Digital: Pendekatan Praktis Dan Teoritis. Zifatama Jawara, 2024.

Nugraha, Saka Mahardika Oktav. “Optimalisasi Media Quizizz Dalam Pembelajaran Sosiologi Di Man 2 Semarang Perspektif Konstruktivisme.” JURNAL RANDAI 3, no. 2 (n.d.): 12–23.

Pranasoma, Rakai Ranu. “Signifikansi Konseling Pastoral Sebagai Upaya Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Generasi Z Kristen: Pembinaan Warga Gereja.” Illuminate: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristiani 4, no. 1 (2021): 61–69.

Rahman, Seto Fauzi, and Meiske Claudia. “Strategi Pendekatan Proses Interpersonal Dalam ManajemenPerubahan Organisasi Untuk Mendukung KesejahteraanGenerasi-Z Di Tempat Kerja.” Management Studies and Business Journal (Productivity) 1, no. 4 (2024): 718–729.

Reza, Fachrul, and Filo Leonardo Tinggogoy. “Konflik Generasi z Di Bidang Pendidikan Di Era Revolusi Industri 4.0 Tantangan Dan Solusinya.” Paradigma: Jurnal Administrasi Publik 1, no. 2 (2022): 142–155.

Setyobekti, Andreas Budi, Valentino Wariki, and Kezya Jesika Maria Anu. “Potret Solusi Alkitab Bagi Generasi Z Penderita Sindrom Fear of Missing Out.” ELEOS: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen 3, no. 2 (2024): 96–113.

Spence-Jones, Henry. The Pulpit Commentary, Volume 6. Delmarva Publications, Inc., 2015.

Suleeman, Evelyn, Daisy Indira Yasmine, Leonard Chrysostomos Epafras, and Dian Sukmawati. “Kajian Respons Generasi Z Terhadap Kasus-Kasus Kebebasan Beragama Atau Berkeyakinan Di Media Daring” (n.d.).

Tulak, Harmelia, and Susanna Vonny Rante Noviana. “Strategi Pembelajaran Bahasa Bagi Generasi Z: Sebuah Tinjauan Sistematis.” Jurnal Pendidikan Edutama (JPE) 6, no. 2 (2019): 31–45.

Waworuntu, Evi C, Sandra J R Kainde, and Deske W Mandagi. “Work-Life Balance, Job Satisfaction and Performance among Millennial and Gen Z Employees: A Systematic Review.” Society 10, no. 2 (2022): 384–398.

Wicaksono, Arif, and Hendro Siburian. “Perempuan Dan Peribadatan Menurut 1 Timotius 2: 9-15.” Fidei: Jurnal Teologi Sistematika dan Praktika 3, no. 1 (2020): 62–87.

Wicaksono, Arif, and Laurens Ruben Sumisu. “Pernyataan Iman Menurut Roma 10: 9 Dan Relevansinya Bagi Kaum Difabel Kategori Tunawicara.” Charistheo: Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen 3, no. 2 (2024): 159–174.

Yuswardi, Adi. “Pengaruh Coaching Model Creative Art Dan Motivasi Kerja Terhadap Kompetensi Melayani Pelanggan Di Cafe Rumah Pohon Medan.” Universitas Medan Area, 2019.

Zega, Yunardi Kristian. “Pendidikan Agama Kristen Dalam Keluarga: Upaya Membangun Spiritualitas Remaja Generasi Z.” Jurnal luxnos 7, no. 1 (2021): 105–116.

Published

2024-12-16

How to Cite

Irawaty, F., & Wicaksono, A. (2024). Pengembangan Kepemimpinan bagi Generasi Z dengan Pola Coaching berdasarkan Matius 17:5. SANCTUM DOMINE: JURNAL TEOLOGI, 14(1), 175–196. https://doi.org/10.46495/sdjt.v14i1.276

Issue

Section

Articles

Citation Check