Deskriptif Analisis Upaya Peningkatan Kompetensi Profesional Guru Pendidikan Agama Kristen di Era Society 5.0

Authors

  • Teofilus Lahope Sekolah Tinggi Teologi Ekumene, Indonesia
  • Nelson Hasibuan Sekolah Tinggi Teologi Ekumene, Jakarta, Indonesia
  • Angel Gabriela Jenesa Sekolah Tinggi Teologi Ekumene, Jakarta, Indonesia
  • Tasya Oktavianti Pandjaitan Sekolah Tinggi Teologi Ekumene, Jakarta , Indonesia
  • Septiniar Laoli Sekolah Tinggi Teologi Ekumene, Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.46495/sdjt.v14i1.277

Keywords:

Era Masyarakat 5.0, Guru Pendidikan Agama Kristen, Kompetensi Profesionalisme

Abstract

Masalah-masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: kesatu, menurut data UNESCO dalam Susiani & Abadiah, kualitas pendidikan Indonesia tergolong rendah dengan menempati posisi ke-10 dari 14 negara berkembang yang salah satunya disebabkan oleh mutu pengajaran guru. Kedua, penelitian Turmuzi menuliskan kemampuan guru menyusun perangkat ajar kurikulum merdeka tergolong rendah, yaitu sebesar 16,67% serta keselarasan antara isi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dan pelaksanaannya hanya berkisar rata-rata 25,00%. Dalam konteks pendidikan agama Kristen, ditemukan bahwa guru pendidikan agama Kristen mengalami kesulitan membangun iklim pembelajaran yang produktif. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kepustakaan. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan upaya peningkatan kompetensi profesional Guru Pendidikan Agama Kristen di era Society 5.0. Sementara itu, hasil penelitian ini menyimpulkan urgensi kualitas kompetensi profesionalisme guru pendidikan agama Kristen di era Society 5.0 melalui penerapan supervisi akademik, melaksanakan proses pembelajaran (learning experience and learning activities) di kelas, merencanakan dan mengembangkan alat pembelajaran (instrument tools), membuat bahan refleksi guru, melakukan pelatihan pembelajaran pendidikan agama Kristen yang terintegrasi dengan teknologi secara berkesinambungan, mendapatkan dukungan Kementerian Agama (Ditjen Bimas Kristen), serta melakukan Focus Group Discussion (FGD).

References

Alifah, Siti. “Peningkatan Kualitas Pendidikan di Indonesia untuk Mengejar Ketertinggalan dari Negara Lain.” CERMIN: Jurnal Penelitian 5, no. 1 (July 1, 2021): 113.

Alvendri, Dio, M. Giatman, and Ernawati Ernawati. “Transformasi Pendidikan Kejuruan: Mengintegrasikan Teknologi IoT ke dalam Kurikulum Masa Depan.” Journal of Education Research 4, no. 2 (June 27, 2023): 752–758.

Ambarita, Jenri, Ester Yuniati, and Nurmiani Sinaga. “Persepsi Guru Pendidikan Agama Kristen Indonesia terhadap Pembelajaran Online di tengah Covid-19 dan Era Industri 4.0.” Jurnal Shanan 4, no. 2 (October 17, 2020): 174–193.

Angin, Yakub Hendrawan Perangin, and Tri Astuti Yeniretnowati. “Aplikasi Konsep Manajemen Strategi dalam Menyelenggarakan Perguruan Tinggi Kristen yang Berkualitas.” KARDIA: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristiani 2, no. 1 (February 23, 2024): 41–57.

Anwar, Adi, Intan Indah Enjeli, Nabila Luthfi Agusti, and Rifqi Fadlurrohman. “Pengaruh Teknologi Terhadap Pemahaman Masyarakat Mengenai Wawasan Kebangsaan di Era Society 5.0” 1, no. 4 (2023).

Atqiyaa, Nasyaayaa Al, Siti Maulidina, Muhammad Zacky Burhani, Sasti Dwi Utami, and Silvia Andine. “Kedudukan Penelitian Tindakan Kelas untuk Mengubah Perilaku Peserta Didik.” Jurnal Kreativitas Mahasiswa 1, no. 2 (August 16, 2023): 174–184.

Banjarnahor, Nathanael Elsadai, and Dorlan Naibaho. “Guru Pendidikan Agama Kristen yang Mengasihi.” Merdeka : Jurnal Ilmiah Multidisiplin 1, no. 1 (December 19, 2023): 207–210.

Basongan, Citraningsih. “Penggunaan Teknologi menurut Iman Kristen di Era Digital.” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 4, no. 3 (May 19, 2022): 4279–4287.

Chasiah. Guru Baik dan Profesional. Penerbit P4I, 2023.

Efriza, Dony, Yelia Yelia, Rosinta Norawati, and Neli Arif. “Pelatihan Pembuatan Bahan Presentasi Otomatis Dengan Menggunaan Aplikasi Berbasis Artificial Intelligence bagi Guru SMPN 12 Kota Jambi.” Jurnal Adam : Jurnal Pengabdian Masyarakat 3, no. 1 (February 8, 2024): 57–63.

Fadli, Irwan, Fitrawahyudi Fitrawahyudi, and Aryanti Aryanti. “Kualifikasi, Kompetensi, dan Sertifikasi Guru Madrasah di Kabupaten Maros.” Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran 6, no. 2 (August 31, 2023): 118–127.

Fauzi, Anis, Ria Fajriya, and Agus Gunawan. “TEKNIK SUPERVISI AKADEMIK.” Jurnal Inovatif Manajemen Pendidikan Islam 2, no. 1 (January 10, 2023): 12–21.

Gulo, Restu, and Mei Mesrawati Zega. “Keteladanan Yesus dalam Mengasihi Berdasarkan Injil Yohanes dan Aplikasinya bagi Guru PAK Masa Kini.” Jurnal Teologi Injili dan Pendidikan Agama 1, no. 2 (April 18, 2023): 01–13.

Gunawan, Anggun, and Irsyad Khoerul Imam. “Guru Profesional: Makna dan Karakteristik.” Cendekia Inovatif dan Berbudaya 1, no. 2 (October 18, 2023): 181–185.

Harefa, Febriaman Lalaziduhu, and Jeane Paath. “Doing Mission dalam Pendidikan Agama Kristen (PAK) Menyambut Era Society 5.0” (2022).

Harini, Hegar, Ahmad Gawdy Prananosa, and Ade Ananto Terminanto. “Inovasi Teknologi dalam Meningkatkan Efisiensi Manajemen Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat di Era Digital,” no. 6 (2023).

Hasan, Izhar, Maya Sri Rahayu, Ahmad Arif, and Ridwal Trisoni. “Mencermati Permasalahan Pemenuhan 24 Jam Mengajar bagi Guru di SMPN Se-Kamang Baru Kabupaten Sijunjung dalam Implementasi UU Guru dan Dosen No 14 Tahun 2005” 8 (2024).

Hendra, Hery Afriyadi, Tanwir, Noor Hayati, Supardi, Sinta Nur Laila, Yana Fajar Prakasa, Rahmat Putra Ahmad Hasibuan, and Achmad Dzulfikri Almufti Asyhar. Media Pembelajaran Berbasis Digital (Teori & Praktik). PT. Sonpedia Publishing Indonesia, 2023.

Izzati, Lailatul Rifqoh, Muhammad Ekhsan, Muhammad Zaki Mubarok, Ulfa Nur Khasanah, and Indah Aminatuz Zuhriyah. “Kepemimpinan Pengembangan Sumber Daya Manusia yang Bermartabat di Era Revolusi Industri (4.0) dan Society 5.0.” TADBIR MUWAHHID 7, no. 2 (October 31, 2023): 263–278.

Jonatan, Jonatan, and Anwar Three Millenium Waruwu. “Peran Teknologi Digital dalam Pengembangan Pembelajaran Kristen di Era Digital.” ANTHOR: Education and Learning Journal 2, no. 6 (September 13, 2023): 805–811.

Khairi, Azizatul, S. Kohar, Haryanto Kanthi Widodo, M. Ali Ghufron, Iqbal Kamalludin, Dimas Prasetya, Dimas Setiaji Prabowo, Singgih Setiawan, Akhmad Aufa Syukron, and Dewi Anggraeni. Teknologi Pembelajaran: Konsep dan Pengembangannya di Era Society 5.0. Penerbit NEM, 2022.

Leiwakabessy, Tabita, and Daniel Pesah Purwonugroho. “Menggabungkan Nilai IQ, SQ, EQ, dan DQ dalam Pengajaran Kristen Dengan Metode Story-Telling.” Veritas Lux Mea (Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen) 6, no. 1 (January 23, 2024): 1–11.

Mamlakah, Ta’ti. “Guru Profesional : Menggali Kompetensi dan Mengasah Karakteristik” (2023).

Manuahe, Yani Mick R. “Teknologi sebagai Media Komunikasi Interaktif dalam Pendidikan Agama Kristen.” Harati: Jurnal Pendidikan Kristen 4, no. 1 (April 2, 2024): 19–29.

Maryanti. Supervisi Akademik : Teknik Coaching Peningkat Guru dalam Pembelajaran di Kelas. Penerbit P4I, 2023.

Mira, Almirah nur sakiinah, Alfi Fadliya Putri Mahya Alfi, and Gunawan Santoso. “Revolusi Pendidikan di Era Society 5.0; Pembelajaran, Tantangan, Peluang, Akses, dan Keterampilan Teknologi.” Jurnal Pendidikan Transformatif 1, no. 2 (November 11, 2022): 18–28.

M.M, Ajabar, S. IP. Manajemen Sumber Daya Manusia. Deepublish, 2020.

M.Pd.I, Dewi Safitri, S. Sos I. Menjadi Guru Profesional. Pt. Indragiri Dot Com, 2019.

M.Th, Dr Jonar T. H. Situmorang, M. A. Etika dan Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Kristen. Penerbit Andi, 2024.

Munawir, Munawir, Amilya Nurul Erindha, and Della Puspita Sari. “Memahami Karakteristik Guru Profesional.” Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan 8, no. 1 (February 15, 2023): 384–390.

Muwaffaq, Faaris Farah, Siti Nur Faizah, Sinta Dewi Aprilia, Naela Evi Amelia Putri, Hana Rizki Jauharotu Nabila, Intan Najwa Karimatul Khofifah, and F. Shoufika Hilyana. “Transformasi Pendidikan: Menghadapi Tantangan Guru di Era Society 5.0.” Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 9, no. 1 (March 10, 2024): 3233–3240.

Nababan, Damayanti, Glory Sibuea, and Noviana Hutasoit. “Strategi Pengembangan Materi Ajar Pendidikan Agama Kristen.” Jurnal Pendidikan Sosial dan Humaniora 2, no. 4 (December 14, 2023): 12637–12644.

Ombili, Ismail, Trisnawaty Buhungo, and Supartin. “Pengembangan E-Modul Interaktif Materi Gelombang Bunyi di SMA Negeri 6 Gorontalo Utara: Efektivitas, Kepraktisan, dan Validitas.” Khazanah Akademia 8, no. 02 (September 30, 2024): 112–122.

Parisma, Adryanti, Marsela Novin Palimbong, and Berta Bura. “Profesionalitas dan Kreativitas Guru Pendidikan Agama Kristen dalam Membendung Dekadensi Moral Di Era Society 5.0” (2023).

Pujiono, Andrias. “Profesionalitas Guru Pendidikan Agama Kristen di Era Society 5.0.” Skenoo : Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen 1, no. 2 (December 24, 2021): 78–89.

Purba, Junita, Youke L. Singal, Wahyu Bintoro, and Lista Valentina. “Kompetensi Guru dalam Perencanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen.” MODERATE: Journal of Religious, Education, and Social 1, no. 1 (November 27, 2023): 21–35.

Radiansyah, Adrian, Ni Luh Kardini, Alifah Widya Rachmawati, Widya Nandini, Rachmi Endrasprihatin, Suparmi, Nining Purwatmini, et al. MSDM Perusahaan Pada Era Revolusi Industri 4.0 Menuju Era Society 5.0. PT. Sonpedia Publishing Indonesia, 2023.

Ramadhani, Yunita Fitri, and Nurul Latifatul Inayati. “Focus Group Discussion (FGD) untuk Meningkatkan Minat Belajar Pendidikan Agama Islam.” Jurnal PAI Raden Fatah 5, no. 3 (November 15, 2023): 642–656.

Riasnugrahani, Missiliana, and Priska Analya. Buku Ajar: Metode Penelitian Kualitatif. Ideas Publishing, 2023.

Riu, Asrinia Susanti, and Rounauly Marbun. “Alkitab Sebagai Dasar Utama Guru PAK dalam Mengajar.” Sepakat : Jurnal Pastoral Kateketik 9, no. 1 (April 28, 2023): 61–72.

Rodianus, Donny Hermanto, and Wendi Rizky Yando. “Manfaat Pembelajaran Inkuiri Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Dalam Pendidikan Agama Kristen Di SMPN 03 Sungai Betung.” ICHTUS: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristiani 5, no. 1 (May 7, 2024): 35–49.

Rut Frida Hastuti Nduru and Nehemia Nome. “Peran Soft Skill dan Hard Skill dalam Peningkatan Kualitas Guru Pendidikan Agama Kristen di Era 5.0.” Coram Mundo: Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen 5, no. 1 (April 30, 2023): 200–216.

Saap, Sadrakh Wicaksono. “Meningkatkan Aktivitas Belajar dan Perkembangan Spiritual Peserta Didik Dalam Konteks Pendidikan Agama Kristen Melalui Pendekatan Pembelajaran Berbasis Pengalaman.” Institutio : Jurnal Pendidikan Agama Kristen 9, no. 1 (June 7, 2023): 54–62.

Salamor, Sintike, Grestalia Tibaly, and Yenni Totango. “Kreativitas Guru PAK dalam Pembelajaran di Era Digital.” DIDAXEI 4, no. 2 (2023): 634–644.

Sari, Eliana, and Durotul Yatimah. “Pelatihan Manajemen Instrumen Pengukuran Pedagogical Content Knowledge (PCK) Guru Sains di DKI Jakarta” (2021).

Sianturi, Dita Desi Elfrida, Asrita Anggina Sinaga, and Dorlan Naibaho. “Peran Kode Etik Guru untuk Meningkatkan Profesional Guru Pendidikan Agama Kristen” 2 (2023).

Simatupang, Riris, and Dorlan Naiobaho. “Peran Guru Pendidikan Agama Kristen sebagai Fasilitator dan Motivator bagi Minat Belajar Peserta Didik.” Merdeka : Jurnal Ilmiah Multidisiplin 1, no. 1 (December 19, 2023): 188–193.

Siti Umi Khoiriah, Lia Karunia Lam Uli Lubis, and Diva Kayla Nazwa Anas. “Analisis Perkembangan Sistem Manajemen Pendidikan di Era Society 5.0.” JISPENDIORA Jurnal Ilmu Sosial Pendidikan dan Humaniora 2, no. 2 (June 16, 2023): 117–132.

Sitorus, Fenny Hermina. “Tantangan dan Solusi Terhadap Permasalahan Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Menengah Atas Kristen: Root Cause Analysis:” DIKAIOS | Jurnal Manajemen Pendidikan Kristen 3, no. 2 (September 30, 2023): 1–8.

Suciani, Rani Noer, Naila Len Azizah, Iva Oktaviani Gusmaningsih, and Risti Aulia Fajrin. “Strategi Refleksi dan Evaluasi Penelitian Tindakan Kelas.” Jurnal Kreativitas Mahasiswa 1, no. 2 (August 16, 2023): 114–123.

Sulistiani, Arizqi Ihsan Pratama, and Abdul Saipon. “Kemampuan Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Di Sekolah Menengah Pertama Pelita Cendekia Cipining Bogor.” Journal of International Multidisciplinary Research 2, no. 2 (February 18, 2024): 283–287.

Sumarmi, Sumarmi. “Peningkatan Kinerja Guru dalam Mengajar melalui Penerapan Supervisi Klinis Berbasis Focus Group Discussion di SD Negeri 2 Trayu.” Jurnal Inovasi Pembelajaran di Sekolah 4, no. 1 (June 12, 2023): 179–192.

Susiani, Ida Rohmah, and Nur Diny Abadiah. “Kualitas Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Indonesia.” MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 8, no. 2 (September 28, 2021): 292–298.

Syahrizal, Hasan, and M. Syahran Jailani. “Jenis-Jenis Penelitian Dalam Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif.” Jurnal QOSIM Jurnal Pendidikan Sosial & Humaniora 1, no. 1 (May 31, 2023): 13–23.

Teknowijoyo, Felixtian, and Leni Marpelina. “Relevansi Industri 4.0 dan Society 5.0 Terhadap Pendidikan Di Indonesia.” Educatio 16, no. 2 (January 1, 2022): 173–184.

Turmuzi, Ahmad. “Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Menyusun Perangkat Ajar Kurikulum Merdeka Melalui Supervisi Akademik Di SMP Negeri 4 Jerowaru Kabupaten Lombok Timur.” SEMESTA: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran 1, no. 1 (June 3, 2023): 24–38.

Zebua, Sadariani, and Mortan Sibarani. “Peningkatan Kreativitas Guru Pendidikan Agama Kristen Melalui Pengembangan Materi Pembelajaran Digital.” Sinar Kasih: Jurnal Pendidikan Agama dan Filsafat 1, no. 1 (February 28, 2023): 101–115.

Published

2024-12-16

How to Cite

Lahope, T., Hasibuan, N., Jenesa, A. G., Pandjaitan, T. O., & Laoli, S. (2024). Deskriptif Analisis Upaya Peningkatan Kompetensi Profesional Guru Pendidikan Agama Kristen di Era Society 5.0. SANCTUM DOMINE: JURNAL TEOLOGI, 14(1), 149–174. https://doi.org/10.46495/sdjt.v14i1.277

Issue

Section

Articles

Citation Check