Relevansi Teologi Sistematika dalam Membentuk Konstruksi Pendidikan Multikultural di Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.46495/sdjt.v14i1.283Keywords:
Indonesia, Multikultural, Pendidikan, Teologi SistematikaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi rendahnya implementasi nilai-nilai multikultural dalam pendidikan di Indonesia, yang berpotensi memperburuk polarisasi sosial dan konflik antar kelompok. Dalam konteks ini, pendekatan pendidikan multikultural menjadi semakin mendesak untuk mendorong toleransi, kesetaraan, dan dialog lintas budaya. Penelitian ini memanfaatkan pendekatan kualitatif dan menggunakan metode analisis isi dengan meninjau literatur, termasuk artikel ilmiah dan buku, yang relevan dengan teologi sistematika dan pendidikan multikultural. Pemilihan literatur didasarkan pada relevansi terhadap integrasi nilai-nilai teologis dalam pendidikan multikultural, dengan fokus pada aplikasi praktis di konteks sekolah Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teologi sistematika dalam konteks pendidikan multikultural menyoroti konsep Imago Dei, kesetaraan dalam Kristus, kasih agape, kemajemukan sebagai berkat, dan rekonsiliasi. Konsep-konsep ini menginspirasi penghargaan terhadap martabat manusia, kesetaraan, toleransi, penerimaan terhadap keberagaman, serta usaha membangun hubungan yang harmonis demi menciptakan lingkungan pendidikan yang inklusif dan damai. Penelitian ini memberikan kontribusi signifikan dalam memperkuat hubungan antara teologi dan pendidikan, sekaligus menawarkan model integratif yang relevan dengan konteks pluralitas di Indonesia.
References
A., Doni. “Multikultural Umat Beragama Di Indonesia Berdasarkan 1 Korintus 9:19-23 Dan Implikasinya Bagi Pendidikan Agama Kristen.” Coram Mundo: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen 5, no. 1 (2023): 44–50. https://doi.org/10.55606/corammundo.v5i1.88.
Agustian, M, D.S Wibawa, L.H Tampubolon, F.R Lubuk, and V.D.N Fortuna. “Meningkatkan Kompetensi Guru Di Lingkungan Forum Guru Agama Nasional Untuk Memaksimalkan Sikap Intoleran Dengan Pendekatan Pendidikan Multikultural Di Kelas.” Jurnal Widya Laksana 12, no. 1 (2023): 134–41.
Arifianto, Yonatan. “Deskripsi Sejarah Konflik Horizontal Orang Yahudi Dan Samaria.” PASCA : Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen 16, no. 1 (2020): 33–39. https://doi.org/10.46494/psc.v16i1.73.
Asmuri. “Pendindidikan Multikultural: Telaah Terhadap Sistem Pendidikan Nasional Dan Pendidikan Agama Islam.” Potensia: Jurnal Kependidikan Islam 2, no. 1 (2016): 25–44.
Chafer, Lewis Sperry. Systematic Theology, 8 Vol. Dallas: Dallas Seminary, 1947.
Doeka, Fredrik Y A. “Merajut Ke-Indonesia-an Yang Multikultural Dalam Pandangan Gereja Knitting Multicultural Indonesia in the Church ’ s View.” Millah : Jurnal Studi Agama 18, no. Studi Agama-Agama (2018): 15–30. https://doi.org/10.20885.
E.A. Martins. Plot and Purpose in the Old Testament. USA: Varsity Press, 1981.
Elhefni, and Apri Wahyudi. “Strategi Pengembangan Pendidikan Multikultural Di Indonesia.” Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 3, no. 1 (2017): 53. https://doi.org/10.32332/elementary.v3i1.800.
Elo, Satu, Maria Kääriäinen, Outi Kanste, Tarja Pölkki, Kati Utriainen, and Helvi Kyngäs. “Qualitative Content Analysis.” SAGE Open 4, no. 1 (2014): 215824401452263. https://doi.org/10.1177/2158244014522633.
Endang Yuliana. “Implementasi Pendidikan Multikultural Berbasis Kurikulum Merdeka Di Kinderstation Senior High SSchool Yogyakarta,” 2023, x. https://dspace.uii.ac.id/bitstream/handle/123456789/45762/19913069.pdf?isAllowed=y&sequence=1.
Erickson, Millard J. Christian Theology. Grand Rapids: Baker Academic, 2013.
Erikson, Millar J. Christian Theology, 3 Vol. Grand Rapids: Baker, 1983.
———. Teologi Kristen Vol. 1. Malang: Gandum Mas, 2004.
Fangidae, Tony Wiyaret. “The Image of God in Genesis 1.” Theologia in Loco 2, no. 1 (2020): 92–117. https://doi.org/10.55935/thilo.v2i1.132.
Frame, John M. Systematic Theology: An Introduction to Christian Belief. Philipsburg: P & R, 2013.
Furqon, Mohamad. “Pendidikan Multikultural Dalam Dunia Pendidikan Di Indonesia.” Jurnal Pendidikan Nusantara: Kajian Ilmu Pendidikan Dan Sosial Humaniora 1, no. 1 (2020): 1–12.
Greene, A.E. Reclaiming the Future of Christian Education: A Transforming Vision. Colorado Springs: Association of Christian Schools International, 1998.
Grenz, Stanley J., and Roger E. Olson. 20th-Century Theology: God & the World in a Transitional Age. Downers Grove, Illinois: InterVarsity Press, 1992.
Grunlan, Stepen, ed. Christian Perspektif on Sociology. Grand Rapid, Michigan: Zondervan Publishing House, 1982.
Hadiwijono, Harun. Iman Kristen. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 1995.
Hakim, Arif Rohman, and Jajat Darojat. “Pendidikan Multikultural Dalam Membentuk Karakter Dan Identitas Nasional.” Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan 8, no. 3 (2023): 1337–46. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i3.1470.
Hasanuddin, Hasanuddin, Fikriyah Iftinan Fauzi, and Muhammad Abrar Parinduri. “Analysis of Sara’S Post-Conflict Multicultural Education: Indigenous Psychological Studies.” Psikoislamedia : Jurnal Psikologi 8, no. 2 (2023): 230. https://doi.org/10.22373/psikoislamedia.v8i2.19714.
Hudianto, Swandriyani, Kalis Stevanus, and Carolina Etnasari Anjaya. “Transformasi Pendidikan Futuristik Melalui Konstruksi Masyarakat Pancasila Sebagai Implementasi Pendidikan Multikultural: Sebuah Perspektif Kristiani.” Jurnal Teologi Berita Hidup 5, no. 2 (2023): 329–46. https://doi.org/doi.org/10.38189/jtbh.v5i2.375.
Khairunida, Daan Dini, Fritz Hotman Syahmahita Damanik, Muchlis Daroini, Qoidul Khoir, and Nur Laily Fauziyah. “Pendidikan Multikultural Di Kelas Global: Strategi Pengajaran Responsif Budaya.” Jurnal Cahaya Mandalika ISSN 2721-4796 (Online) 3, no. 2 (2023): 1857–63. https://doi.org/10.36312/jcm.v3i2.2397.
Kristanti, Diana, Magdalena Magdalena, Remi Karmiati, and Ayang Emiyati. “Profesionalitas Yesus Dalam Mengajar Tentang Kasih.” Didache: Journal of Christian Education 1, no. 1 (2020): 35. https://doi.org/10.46445/djce.v1i1.286.
Legi, Hendrik, and Herdianto Sibarani. “Problematika Pendidikan Kristen Di Indonesia Di Tengah Kemerosotan Moral.” TEVUNAH: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen 1, no. 2 (2023): 166–81. https://doi.org/10.59361/tevunah.v1i2.13.
Leland Ryken, James C. Wilhoit. Kamus Gambaran Alkitab. Surabaya: Penerbit Momentum, 2011.
Macquarrie, John. Principle of Christian Theology. London: SCM Press, 1996.
Marbun, Rencan Carisma. “Kasih Dan Kuasa Ditinjau Dari Perspektif Etika Kristen.” Jurnal Teologi Cultivation 3, no. 1 (2019): 88–97. https://doi.org/10.46965/jtc.v3i1.259.
McGrath, Alister E. Christian Theology: An Introduction. New Jersey: Wiley-Blackwell Publishing, 2011.
Messakh, Jefrit Johanis, Esti Regina Boiliu, Djoys Anneke Rantung, and Lamhot Naibaho. “Peran Pendidikan Agama Kristen Dalam Membangun Moderasi Beragama Di Era 5.0.” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 5, no. 5 (2023): 2160–72. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i5.5678.
Miller, Darrow L. Membangun Bangsa Dengan Pikiran Allah. Jakarta: YPPM, 2000.
Mulia, Siti Musdah. “Politik Identitas: Ancaman Terhadap Masa Depan Pluralisme Di Indonesia.” In Politik Identitas Dan Masa Depan Pluralisme Kita, edited by Martin Sinaga, 1st ed., 44. Jakarta: Democracy Project, 2012.
Nego, Obet. “Teologi Multikultural Sebagai Respon Terhadap Meningkatnya Eskalasi Politik Identitas Di Indonesia.” PASCA: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen 16, no. 2 (2020): 121–39. https://doi.org/10.46494/psc.v16i2.109.
Ningsih, Indah Wahyu, Annisa Mayasari, and Uus Ruswandi. “Konsep Pendidikan Multikultural Di Indonesia.” EDUMASPUL: Jurnal Pendidikan 6, no. 1 (2022): 1083–91. https://doi.org/10.47435/al-qalam.v2i1.370.
Nurcahyono, Okta Hadi. “Pendidikan Multikultural Di Indonesia: Analisis Sinkronis Dan Diakronis.” Habitus: Jurnal Pendidikan, Sosiologi, & Antropologi 2, no. 1 (2018): 105. https://doi.org/10.20961/habitus.v2i1.20404.
Pannenberg, Wolfhart. Systematic Theology Vol. 1-3. Grand Rapids, Michigan: Wm. B. Eerdmans Publishing, 1991.
Poceratu, Imelda Christy, Yance Zadrak Rumahuru, and Pitersina Christina Lumamuly. “Transformasi Kearifan Lokal Berbasis Pendidikan Agama Kristen Multikultural Pada Pendidikan Tinggi.” IMMANUEL: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen 3, no. 2 (2022): 166–78. https://doi.org/10.46305/im.v3i2.128.
Prakastyo, Natanael Difrera, Elieser R. Marampa, and Simanjuntak Eddy. “Toleransi Yang Tak Nyata: Problematika Hak Kebebasan Beragama Dalam Perspektif Pendidikan Kristen.” SOPHIA: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen 4, no. 2 (2023): 91–102. https://doi.org/10.34307/sophia.v4i2.156.
Prawiromaruto, Imanuel Herman, and Kalis Stevanus. “Pendidikan Karakter Kristen Melalui Pengutamaan Formasi Rohani.” DUNAMIS: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristiani 7, no. 2 (2022): 543–56. https://doi.org/10.30648/dun.v7i2.926.
Puspita, Yenny. “Pentingnya Pendidikan Multikultural.” In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjanasional 21 Universitas PGRI Palembang, 285–91. Palembang: Universitas PGRI Palembang, 2018.
Putri, Ditta Delfiana, Linda Zakiah, Fatimah Azzahra, Litha Ayu Ningsih, and Indra Jaya. “Analisis Hubungan Pendidikan Multikultural Dan Pendidikan Inklusi.” Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 9, no. 2 (2024): 2765–80.
Rahim, Rahmawaty. “Signifikansi Pendidikan Multikultural Terhadap Kelompok Minoritas.” Analisis XII, no. 1 (2012): 161–82.
Reni Marlince Adang, and Abad Jaya Zega. “Pentingnya ‘Kasih’ Dalam Surat 1 Yohanes: Tafsiran Terhadap Kasih Agape.” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dan Agama 4, no. 2 (2023): 94–102. https://doi.org/10.55606/semnaspa.v4i2.1161.
Rerung, Alvary Exan. “Spiritualitas Pengampunan Berdasarkan Analisis Teologis Kisah Para Rasul 15:35-41.” Vox Dei: Jurnal Teologi Dan Pastoral 3, no. 1 (2022): 31–45. https://doi.org/10.46408/vxd.v3i1.130.
Rey, Hendra. Manusia: Dari Penciptaan Sampai Kekekalan. Malang: gandum Mas, 2002.
Rosyada, Dede. “Pendidikan Multikultural Di Indonesia Sebuah Pandangan Konsepsional.” Sosio-Didaktika: Social Science Education Journal 1, no. 1 (2014): 1–12. https://doi.org/10.15408/sd.v1i1.1200.
Shava, G N, S Hleza, F Tlou, S Shonhiwa, and E Mathonsi. “Qualitative Content Analysis , Utility , Usability and Processes in Educational Research.” International Journal of Research and Innovation in Social Science V, no. VII (2021): 553–58.
Siahaan, Christo Antusias Davarto. “Galatia 3:28 Dan Pelayanan Perempuan: Sebuah Penafsiran Menggunakan Epistolary Approach Untuk Menjelaskan Pelayanan Kaum Perempuan Di Gereja.” Jurnal Teologi Pambelum 3, no. Agustus (2023): 1–28. https://doi.org/10.59002/jtp.v3i2.63.
Siahaan, Harls Evan. “Mengajarkan Nasionalisme Lewat Momentum Perayaan Paskah: Refleksi Kritis Keluaran 12: 1-51.” DUNAMIS: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristiani 1, no. 2 (2017): 39–54. www.sttintheos.ac.id/e- journal/index.php/dunamis.
Sihombing, Lotnatigor. Kultus Dan Kultur: Sikap Etis Kristen Terhadap Kebudayaan. Batu: Sekolah Tinggi Theologia “I-3,” 1997.
Simanjuntak, Roy Martin, Niken Dewi P, Marianus Pattora, Harry Soegijono, and Setya Hadi Nugroho. “Kesetaraan Hula-Hula Dengan Boru Dalam Budaya Batak Toba: Tinjauan Sosio-Teologis Galatia 3:28.” Kurios 7, no. 2 (2021): 404–12. https://doi.org/10.30995/kur.v7i2.354.
Smith, Morton H. Systematic Theology, Volume One: Prolegomena Theology Anthropology Christology. Eugene, Oregon: Wipf and Stock Publishers, 2019.
Suardana, Made, Putu Ayub Darmawan, and Regita Oktavina Runtukahu. “Multicultural Christian Education in an Indonesian Church Context.” Pharos Journal of Theology 104, no. 2 (2023): 1–12. https://doi.org/10.46222/pharosjot.104.28.
Sudarmanto, Gunaryo. “Meretas Rancang Bangun Teologi Multikultural.” Voice of Wesley: Jurnal Ilmiah Musik Dan Agama 1, no. 1 (2019): 121–46. https://doi.org/10.36972/jvow.v1i1.6.
———. Teologi Multikultural. Batu: Departemen Multimedia YPPII Batu, 2014.
Sugirtharajah, R. S. The Bible and Empire: Postcolonial Explorations. Cambridge: Cambridge University Press, 2005.
Supardi, Iwan, and Sumarno Sumarno. “Model Pendidikan Multikultural Ramah Di Sekolah Ethno-Religio Segregation (E-Rs) Kota Pontianak.” Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan 18, no. 2 (2014): 202–14. https://doi.org/10.21831/pep.v18i2.2861.
Supriatin, Atin, and Aida Rahmi Nasution. “Implementasi Pendidikan Multikultural Dalam Praktik Pendidikan Di Indonesia.” Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 3, no. 1 (2017): 1.
Suryaningsih, Tri, Arifin Maksum, and Arita Marini. “Membentuk Profil Pelajar Pancasila Dimensi Berkebinekaan Global Melalui Pendidikan Multikultural Di Sekolah Dasar.” DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik 7, no. 3 (2023). https://doi.org/10.20961/jdc.v7i3.79594.
Susanto, Hery. “Tinjauan Teologis Tentang Pendidikan Kristiani Multikultural.” EDULEAD: Journal of Christian Education and Leadership 2, no. 1 (2021): 1–16. https://doi.org/10.47530/edulead.v2i1.55.
Taat Wulandari. Konsep Dan Praksis Pendidikan Multikultural. UNY Press. Pertama. Yogyakarta: UNY Press, 2020. http://repositorio.unan.edu.ni/2986/1/5624.pdf%0Ahttp://fiskal.kemenkeu.go.id/ejournal%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.cirp.2016.06.001%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.powtec.2016.12.055%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.ijfatigue.2019.02.006%0Ahttps://doi.org/10.1.
Tarigan, Musa S. “Kebenaran Allah Sebagai Dasar Pendidikan Kristen.” JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education 3, no. 1 (2019): 80–95. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.19166/johme.v3i1.1684 Vol.
Tatang, Josep, and Victor Deak. “Peran Pendidikan Agama Kristen Dalam Memelihara Interaksi Sosial Dalam Masyarakat Multikultural Di Indonesia.” Formosa Journal of Multidisciplinary Research 1, no. 5 (2022): 1185–96. https://doi.org/10.55927/fjmr.v1i5.1055.
Tiyono, Dolf, Sekolah Tinggi, Teologi El, and Shadday Surakarta. “Dolf Tiyono-Memahami Imago Dei Seabagai ‘Golden Seed’ Memahami Imago Dei Sebagai ‘Golden Seed.’” Pelayanan Kristiani 1, no. 1 (2017): 39. http://www.stttorsina.ac.id/jurnal/index.php/epigraphe.
Uling, Manintiro. “Tinjauan Manusia Sebagai Gambar Allah Terhadap Kasus Human Trafficking Di Indonesia.” TE DEUM (Jurnal Teologi Dan Pengembangan Pelayanan) 9, no. 2 (2020): 231–47. https://doi.org/10.51828/td.v9i2.20.
Wantoro, J. “Agape Sebagai Landasan Learning Live Together Untuk Mengembangkan Karakter Individu, Keluarga, Dan Masyarakat.” Jurnal Excelsior Pendidikan, 2021, 221–34. https://excelsiorpendidikan.sttexcelsius.ac.id/index.php/JEP/article/view/17.
Wattimena, Valeri, Singo Tomhisa, and Vincent Kalvin Wenno. “Memaknai Pengampunan Dalam 2 Korintus 2:5-11 Menurut Paulus Dan Implikasinya Bagi Kehidupan Masa Kini.” Noumena: Jurnal Sosial Humaniora Dan Keagamaan 3, no. 2 (2022): 154–65. https://doi.org/10.46305/im.v1i1.5.
Welan, Brian Amrico, and Budi Wibawanta. “Natur Siswa Sebagai Gambar Dan Rupa Allah Dalam Pendidikan Kristen Yang Holistis.” KAIROS: Jurnal Ilmiah 2, no. 02 (2022): 35–48.
White, Marilyn Domas, and Emily E. Marsh. “Content Analysis: A Flexible Methodology.” Library Trends 55, no. 1 (2006): 22–45. https://doi.org/10.1353/lib.2006.0053.
Wirda, Aina, Amalia Rhoma Dhoni, Devi Aulia Ulva, Fatmawati Fatmawati, Listiana Listiana, and Putri Fauziah Banani. “Urgensi Pendidikan Multikultural Di Sekolah Dan Masyarakat Indonesia Sebagai Bentuk Keragaman Budaya.” Yasin: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Budaya 3, no. 1 (2023): 1–7. https://doi.org/10.58578/yasin.v3i1.797.
Wolterstorff, Nicholas. Justice: Rights and Wrongs. New Jersey: Princeton University Press, 2010.
Zaluchu, Sonny. “Penderitaan Kristus Sebagai Wujud Solidaritas Allah Kepada Manusia.” DUNAMIS: Jurnal Penelitian Teologi Dan Pendidikan Kristiani 2, no. 1 (2017): 61. https://doi.org/10.30648/dun.v2i1.129.
Zaluchu, Sonny Eli. “Penderitaan Kristus Sebagai Wujud Solidaritas Allah Kepada Manusia.” Dunamis: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristiani 2, no. 1 (2017): 61–74.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 SANCTUM DOMINE: JURNAL TEOLOGI

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright:
SANCTUM DOMINE: Jurnal Teologi will validate, produce, disseminate, and act as steward in the long-term curation of every article published. In order to achieve this, the author typically requires a transfer or “assignment” of the copyright in the article. As is the case for open access publishing, the author (or copyright owner of the article, if different) signs an author publishing agreement. The agreement incorporates the necessary transfer of copyright.
After assigning copyright, the author will still retain the right to:
- Be credited as the author of the article.
- Own and exercise any trademark or patent rights held by author and addressed in the article.
- Make printed copies of the article to use for a lecture or class that the author leading on a non-commercial basis.
- Share the article with friends, colleagues and influential people the author would like to read the work.
- Present the article at a meeting or conference and distribute printed copies of the article on a non-commercial basis.
License:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
You are free to:
- Share — copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt — remix, transform, and build upon the material
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.
Under the following terms:
- Attribution — You must give appropriate credit , provide a link to the license, and indicate if changes were made . You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
- NonCommercial — You may not use the material for commercial purposes .
- ShareAlike — If you remix, transform, or build upon the material, you must distribute your contributions under the same license as the original.
- No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.
Notices:
You do not have to comply with the license for elements of the material in the public domain or where your use is permitted by an applicable exception or limitation .
No warranties are given. The license may not give you all of the permissions necessary for your intended use. For example, other rights such as publicity, privacy, or moral rights may limit how you use the material.