Pentingnya Memahami Model-Model Perencaanaan Pembelajaran Dan Penerapannya Dalam Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) Mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Agama Kristen Sekolah Tinggi Teologia Nazarene Indonesia Yogyakarta

  • Ramses Simanjuntak sekolah tinggi teologi nazarene indonesia
Keywords: PPL, calon gurun, guru, model-model perencanaan pembelajaran

Abstract

Pendidikan adalah salah satu sarana yang dipakai untuk mebangun kehidupan suatu bangsa, dan oleh sebab itu mahasiswa yang mengambil jurusan dalam bidang ilmu keguruan sedang dipersiapkan untuk menjadi agen perubahan dalam masanya kelak, untuk itu perlu adanya pembekalan yang memadai bagi para mahasiswa calon guru untuk memahami ilmu-ilmu keguruan yang cocok bagi profesi mereka, sehingga para mahasiswa calon guru dapat mengenal dan memahami tantangan apa yang akan dihadapi agar mereka dapat menjadi guru profesional dikemudian hari. Praktek Pengalaman Lapangan adalah sebuah tindakan mengaplikasikan teori dalam praktek, diharapkan dengan pengalaman ini mahasiswa dapat mengukur kemampuan dan kualitas mereka untuk bersiap menjadi guru di kemudian hari. Dengan terjun ke lapanagan yakni ke sekolah-sekolah yang dipersiapkan untuk tempat praktek, para mahasiswa dapat dengan luas menerapkan ilmunya dan membagikan ilmu pengetahuan yang sudah diperolehnya kepada siswa didik.

References

Akharil, Model-Model Perencanaan Pengajaran, Jakarta: Kencana 2011.
Dahar, Ratna Wilis, Teori – Teori Belajar Dan Pembelajaran, Jakarta: Erlangga, 2011.
Dimyati dan Mudjiono, Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: PT Rineka Cipta, 1999.
Gintings, Abdorrakhman. Esensi Praktis Belajar dan Pembelajaran, Bandung: Humaniora, 2012.
Huda, Miftahul. Model-Model Pengajaran Dan Pembelajaran, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2013.
Husamah dan Yanur Setyaningrum, Desain Pembelajaran Berbasis Pencapaian Kompetensi Prestasi, Jakarta: Pustaka Jaya, 2013.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Silabus PAK Kurikulum 2013, Jakarta: Kemendikbud, 2016.
Majid, Abdul. Strategi Pembelajaran, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2013.
Majid. A. Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2011.
Murdiati, Santi, dkk. Buku Kerja Prinsip Pembelajaran( Instructional Design principles). Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2007.
Regulasi Pelayanan Jakarta, Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Pendidikan Nasional, Jakarta: Regulasi Pelayanan Jakarta, 2006.
Rusman, dkk., Pembelajaran BerbasisTeknologi Informasi dan Komunikasi, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2012
Rusman, Model-Model Pembelajaran, Jakarta: Rajawali Pers, 2013.
Team Laksana Mandiri, Undang-Undang Republik Indonesia No. 14 Tahun 2005 Tentang Guru Dan Dosen, Jakarta: CV. Laksana Mandiri, 2006.
W, Sanjaya. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran, Jakarta: Kencana, 2012.
Published
2020-04-30